Artikel Pilihan Artikel Utama General

KULIAH PAKAR: Peradaban Indonesia dan Turki, Komparasi Teori dan Praktik

Alhamdulillah pada hari Rabu, 1 November 2023 telah dilaksanakan Kuliah Pakar dengan tema “Peradaban Indonesia dan Turki, Komparasi Teori dan Praktik” di Fakuktas Ilmu Agama Islam UII dengan menghadirkan dua pembicara, yaitu; Hasbi Sen, M. Hum (Pembina Yayasan Nur Semesta) dan Dr. Umarulfaruq Abubakar, Lc., M. HI. (Alumni Prodi Hukum Islam FIAI UII). Sementara para peserta adalah dosen dan mahasiswa magister.

Acara ini yang diinisiasi oleh Dr. Dzulkifli Hadi sebagai Ketua Program Magister dibuka dengan sebuah sambutan oleh Dr. Asmuni MA selaku Dekan FIAI UII. Selanjutnya pemaparan materi disampaikan oleh kedua narasumber di atas. Sebagai pembicara pertama, Hasbi Sen, M.Hum mengatakan bahwa Said Nursi memiliki pengaruh yang besar dalam peradaban Islam di Turki. Melalui perjuangan bilau dalam bidang politik, pendidikan dan literasi, beliau memiliki jasa untuk peradaban di Turki. Ia juga menyampaikan perbandingan peradaban Islam dan Barat dalam perspektif Said Nursi.

Sementara Dr. Umarulfaruq Abubakar menyampaikan perbandingan pemikiran Said Nursi dan Soekarno. Menurutnya, nilai-nilai yang diperjuangkan Said Nursi senada dengan yang dikandung dalam Pancasila. Sebagai kesimpulan beliau mengatakan bahwa ikatan peradaban antara Turki dan Indonesia telah terjalin sejak lama, bahkan sejak masa daulah Ustmaniyah. Ikatan ini harus dirawat dengan ilmu, budaya, sikap saling menghormati dan saling menguatkan satu sama lain.

Hasbi Sen menyerahkan beberapa buku Said Nursi untuk perpustakaan kepada Dr. Dzulkifli Hadi.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *