Artikel Utama

Silaturahmi Komunitas Sahabat Risalah Nur dengan Gerakan Pramuka Kwartir Daerah DKI Jakarta

Alhamdulillah pada Hari Jum’at, 11 September 2020 Komunitas Sahabat Risalah Nur melakukan kunjungan ke Kantor Gerakan Pramuka Kwartir Daerah DKI Jakarta (Pramuka Kwarda Jakarta) dalam rangka bersilaturahmi dan membicarakan berbagai peluang untuk bekerjasama. Sahabat Risalah Nur diterima dengan sangat hangat dan bersahabat oleh Triadi P Suparta (Sekretaris Umum Pramuka Kwarda Jakarta) dan Ratiyono (Wakil Ketua Pramuka Kwarda Jakarta)

Komunitas Sahabat Risalah Nur yang diwakili oleh Hasbi Sen (Pembina Yayasan Nur Semesta), Bahrul Qamar (Ketua Komunitas Sahabat Risalah Nur), dan Latief (Humas Internal dan Pubdekdok Komunitas Sahabat Risalah Nur) menyampaikan presentasi singkat mengenai profil Badiuzzaman Said Nursi dan kiprah dakwah Risalah Nur di dunia dan khususnya di Indonesia. Banyak program Risalah Nur yang juga sangat terkait dengan alam dan kepemudaan seperti yang dilakukan oleh Gerakan Pramuka, misalnya Program Baca plus Tadabbur Alam di daerah pegunungan, program kajian dan pembinaan rohani kepada beberapa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Jakarta, dan beberapa kegiatan lainnya baik yang bersifat rutin maupun tidak rutin. Bahkan Risalah Nur juga mempunyai buku berjudul Tuntunan Generasi Muda yang ditujukan untuk para pemuda sebagai bekal dalam mengarungi kehidupan dunia yang hedonis dan materialistis.

Hal tersebut banyak sejalan dengan Gerakan Pramuka yang memang bertujuan untuk membuat para pemuda berkarakter baik dan mempunyai keterampilan yang tinggi sehingga bisa memberikan kontribusi kepada Masyarakat dan Alam. Bahkan pendiri Pramuka, Robert Baden Powell pernah mengatakan bahwa alam ini adalah sebuah buku. Sehingga layaknya sebuah buku maka alam juga harus dijadikan sebagai sumber ilmu pengetahuan dan dijadikan sahabat oleh manusia.

Dengan banyaknya kesamaan-kesamaan tersebut, maka pertemuan diakhir dengan sebuah kesepakatan untuk mengadakan kegiatan webinar dengan topik yang terkait musibah yang sedang melanda dunia ini yaitu Pandemi Covid-19 dan dihubungkan dengan program pemerintah DKI Jakarta yang meminta agar Pramuka DKI Jakarta sebagai Pelopor Kedisiplinan Masyakarat. Semoga kegiatan tersebut bisa terlaksana dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat. Mohon do’a dan dukungannya.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *