Artikel Pilihan Artikel Utama General

Kuliah Umum: “Peningkatan Kualitas Pendidikan Bahasa Arab di Era Digital dalam Bahasa Pembelajaran / رقية جودة تعليم اللغة العربية في العصر الرقمي في ضوء اللغويات التعليمية”

Selasa, 28 November 2023 di Ruang Teater Lantai 3 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dan Magister Pendidikan Bahasa Arab menyelenggarakan Kuliah Umum di semester ganjil ini.

Kuliah umum ini mengusung tema “Peningkatan Kualitas Pendidikan Bahasa Arab di Era Digital dalam Bahasa Pembelajaran/رقية جودة تعليم اللغة العربية في العصر الرقمي في ضوء اللغويات التعليمية”. Dengan mengahdirkan pemateri Prof. Dr. Najib Al-Soudi yang merupakan Guru Besar Bahasa dan Sastra Arab dari Yaman. Peserta seminar merupakan mahasiswa s1, s2 dan dosen.

Acara ini dibuka juga oleh Prof. Siti Nurul Azkiyah, M.Sc, Ph.D sebagai Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Beliau menyampaikan “Kami sangat berterima kasih kepada pemateri Prof. Dr. Najib Al-Soudi yang sudah datang kesini jauh dari Yaman dan terima kasih kepada Prodi Pendidikan Bahasa Arab serta Magister Pendidikan Bahasa Arab yang sudah menyelenggarakan kuliah umum ini”,

Dalam sesi seminar, Prof. Najib menyampaikan bahwa perlunya tauhidu qiblah (menyatukan arah) dalam belajar bahasa arab. Yaitu kembali kepada al-Quran. Begitu pula dalam belajar berbagai bidang ilmu perlu kembali kepada al-Quran. Karena al-Quran selain banyak mengandung berbagai ilmu, ia juga mengandung banyak kemukjizatan dari segi bahasa. Dalam hal ini beliau mengarahkan para mahasiswa untuk membaca buku mukjizat al-Quran. Di lain hal, Menurutnya jika ingin meningkatkan bahasa, perlu banyak membaca literatur bahasa arab dalam berbagai bidang keilmuan. Salah satunya adalah membaca buku Risalah Nur, karena selain mengandung banyak hakikat, ia juga mempunyai gaya bahasa arab yang tinggi sehingga dapat meningkatkan bahasa.

Fakultas Tarbiyah UIN Syahid Jakarta
28 Nopember 2023

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *